Program Studi Manajemen (S1)

VISI

Menjadi program studi yang berkualitas dalam menghasilkan lulusan bidang ilmu manajemen/bisnis yang berdaya saing tinggi melalui sistem PTTJJ.

MISI

Tujuan
1. Menyediakan akses pendidikan tinggi di bidang ilmu manajemen/bisnis yang berkualitas dunia bagi masyarakat yang seluas-luasnya melalui sistem PTTJJ.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan atau profesional bidang manajemen yang mampu bersaing secara global.
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan di bidang ilmu manajemen/bisnis guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
4. Menghasilkan produk-produk akademik bidang ilmu manajemen/bisnis melalui sistem PTTJJ.
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang manajemen/bisnis.
6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan bidang manajemen/bisnis untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
7. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelayanan pendidikan tinggi bidang ilmu manajemen/bisnis secara luas dan merata.
8. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pendidikan bidang manajemen/bisnis pada tingkat lokal, nasional dan global.

Capaian Pembelajaran
Kurikulum Program Studi S1 Manajemen dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester. Kurikulum tersebut dibuat dalam bentuk paket arahan semester. Capaian pembelajaran S1 Manajemen selain Sikap dan Tata nilai serta Keterampilan Umum yang telah disinggung pada bagian pendahuluan, juga meliputi Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan sebagai berikut.

Keterampilan Khusus
1. Kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk memformulasikan strategi bisnis.
2. Kemampuan mengimplementasikan strategi pada level operasional suatu organisasi (pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia).
3. Kemampuan mengidentifikasi persoalan organisasi dan memberikan solusi yang tepat.
4. Kemampuan menyusun perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian di suatu organisasi.
5. Kemampuan menggunakan sistem informasi dan komunikasi untuk pengambilan keputusan manajerial secara tepat.
6. Kemampuan berkomunikasi secara efektif lintas level organisasi dan budaya.

Deskripsi Matakuliah

Daftar Dosen