Program Studi Ekonomi Syariah (S1)

VISI

Menjadi salah satu program studi penyelenggara Program S1 Ekonomi Syariah jarak jauh yang menghasilkan sarjana Ekonomi Syariah terbaik di Indonesia, yang memiliki fondasi keilmuan yang kuat, mampu menyelesaikan permasalahan praktis secara ilmiah dan berkepribadian khas Indonesia.

MISI

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan dalam bidang Ekonomi Syariah, dan kemampuan untuk bekerja sama tim dan pihak-pihak lain dengan disiplin dan tanggung jawab sesuai akhlak yang baik.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman tentang tanggung jawab profesi dan etika dalam kehidupan sosial, serta mampu beradaptasi dan mempunyai daya saing tinggi pada dunia kerja.
3. Memberikan pengetahuan yang komprehensif kepada mahasiswa dalam bidang Ekonomi Syariah.
4. Memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep teoritis dasar dalam ekonomi khususnya dalam bidang Ekonomi Syariah.

Capaian Pembelajaran
Kurikulum Program Studi Ekonomi Syariah dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester. Kurikulum tersebut dibuat dalam bentuk paket arahan semester. Capaian pembelajaran S1 Ekonomi Syariah meliputi Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan sebagai berikut.

Keterampilan Khusus
1. Kemampuan menerapkan konsep-konsep teoritis ilmu ekonomi dalam Ekonomi Syariah.
2. Kemampuan menganalisis kondisi makro dan mikro ekonomi pada lingkungan bisnis Syariah baik nasional maupun internasional.
3. Kemampuan menganalisis peluang dan kelayakan investasi dalam lingkungan Ekonomi Syariah.
4. Kemampuan mengembangkan perencanaan bisnis di lingkungan Ekonomi Syariah.
5. Kemampuan menganalisis siklus dan tahapan akuntansi dalam Ekonomi Syariah.
6. Kemampuan menganalisis proses dan prosedur audit internal di lingkungan bisnis Ekonomi Syariah.
7. Kemampuan mengkomunikasikan bisnis dan produk berbasis Syariah di lingkungan bisnis Ekonomi Syariah.
8. Kemampuan menggunakan alat analisis kuantitatif dan kualitatif dalam memberikan alternatif pemecahan masalah Ekonomi Syariah.
9. Kemampuan bekerja sama dalam tim kerja dan pihak-pihak lain dengan disiplin dan tanggung jawab sesuai akhlak yang baik dan kode etik profesi

Daftar Dosen