Picture2

Brainstorming Bersama Bapak WR 2-UT dan Ketua SPI

Kamis tanggal 18 November 2021, Jurusan Akuntansi Universitas Terbuka mengadakan kegiatan brainstorming untuk perencanaan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tahun 2022 yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Akuntansi UT, Dr. Hendrian, SE., M.Si. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh dosen Jurusan Akuntansi UT secara 2 metode yakni secara daring bagi dosen yang berada UPBJJ-UT dan secara luring bagi dosen yang berada di UT Pusat. Pada kegiatan ini Jurusan Akuntansi UT mengundang Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum (WR 2) sekaligus Plt Dekan Fakultas Ekonomi, Prof. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. dan Ketua Sistem Pengendalian Internal UT (SPI), Drs. Yun Iswanto, M.Si. sebagai narasumber.

Gambar 1. Berfoto Bersama Para Narasumber

Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan ide-ide baru, terkait penelitian dan PkM yang kira-kira dapat digarap oleh dosen di Jurusan Akuntansi terutama dibidang tata kelola keuangan dan pengendalian intern. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk turut berperan serta aktif melakukan kajian dalam rangka memberikan solusi ataupun referensi dan kontribusi demi kemajuan UT ke depan dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu trobosan dari program kerja Jurusan Akuntansi dalam rangka peningkatan kegiatan penelitian dan PkM serta publikasi dosen-dosen Jurusan Akuntansi, dan akan menjadi salah satu kegiatan rutin brainstorming dengan para pimpinan UT lainnya. Melalui kegiatan seperti ini juga dosen di Jurusan Akuntansi akan saling berkolaborasi dan melibatkan dosen dari Program Studi lain agar kedepannya penelitian dan PkM yang dilaksanakan dapat lebih komperhensif dan bermanfaat.

Gambar 2. Suasana pertemuan Pemetaan Penelitian dan PKM Jurusan Akuntansi

Pada pertemuan ini, Prof Ali Muktiyanto memberikan arahan dan penegasan agar seluruh dosen dalam melakukan penelitian dan PkM harus mengacu kepada Rancangan Induk Penelitian (RIP) dan PKM UT. Selain itu, hasil riset diharapkan dapat memberikan implikasi kedayagunaan baik kepada UT dan Masyarakat. “Teman-teman dosen saat menyusun proposal harus terbayang ujungnya dari sebuah riset, harus sampai pada hilirisasi,” ujar WR Bidang Keuangan dan Umum.

Lebih lanjut, Ketua SPI juga memberikan penjelasan bahwa banyaknya tema yang dapat diangkat sebagai penelitan dari hasil temuan SPI, terutama tema-tema yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal. Beliau juga memaparkan roadmap tema yang dapat diambil dari perwujudan peran SPI untuk mencapai good university governance.

Kedua narasumber juga mengupas tuntas Roadmap Riset Unggulan Fakultas Ekonomi yang tertera dalam RIP UT, terkait beberapa isu-isu strategis yang dapat diangkat sebagai tema penelitian oleh dosen seperti tata kelola (good governance) pada sektor swasta dan pemerintahan, pertumbuhan pasar modal dan instrumen derivatif serta pencegahan perilaku moral hazard bisnis dan pemerintahan.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemetaan ide dan tema penelitian berdasarkan rumpun bidang ilmu dosen Jurusan Akuntansi. Harapannya dengan sejak awal dilakukan penelitian yang sesuai dengan bidang ilmu, para dosen dapat mengakselerasi proses pencapaian guru besarnya kelak, sehingga semakin memberikan nilai tambah bagi Program Studi pada khususnya dan bagi UT pada umumnya.

Comments are closed.