Picture3

Program Studi Akuntansi Siap Go International

Hari Rabu tanggal 10 November 2021, Prodi Akuntansi-UT mengadakan rapat persiapan akreditasi internasional yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Akuntansi-UT, Dr. Hendrian, SE., M.Si. Narasumber yang dihadirkan dalam rapat ini adalah Prof. Indra Bastian, Ph.D., M.B.A., CA., CMA yang merupakan guru besar dari Universitas Gadjah Mada, Moh. Mahsun, SE, M.Si, Ak, CA, CPA, CFrA, Mediator, Ph.D sebagai Ketua Association of Public Sector Accounting Educators (APSAE) dan Bapak Dr. Jenri Panjaitan (dosen Universitas Bina Nusantara). Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lajut dari diterbikannya Sertifikat Akreditasi BAN-PT nomor 12195/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2021 tentang Program Studi Akuntansi-Universitas Terbuka yang terakreditasi dengan nilai A. Tanpa membuang waktu, Program Studi Akuntansi-Universitas Terbuka siap go international!

Gambar 1. Sertifikasi PS Akuntansi dari BAN-PT

Rapat ini dihadiri oleh semua dosen Program Studi Akuntansi yang diselenggarakan dengan dua metode yaitu secara luring bagi dosen Prodi Akuntansi di UT Pusat, dan secara daring bagi dosen Prodi Akuntansi yang tersebar di UPBJJ-UT. Pada pembukaan rapat ini, Ketua Jurusan Akuntansi-UT, Dr. Hendrian, SE., M.Si. tak lupa menyampaikan terima kasih kepada para civitas akademika Program Studi Akuntansi dan pihak-pihak yang telah membantu atas capaian akreditasi A dari BAN-PT.

Gambar 2. Suasana Rapat Perdana-Persiapan Akreditasi Internasional

Rapat persiapan menuju akreditasi internasional ini terselenggara dengan tujuan mempersiapkan Prodi Akuntansi agar dapat diakui secara internasional oleh lembaga The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) yang merupakan salah satu akreditasi paling bergengsi bagi Program Studi di Fakultas Ekonomi terlebih lembaga tersebut merupakan Lembaga Akreditasi Internasional yang diakui dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 83/P/2020.

Selain itu, Program Studi Akuntansi kedepannya berencana menjalin kerja sama dengan Tuv Rheinland asal Jerman yang merupakan perusahaan penyedia layanan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi global produk dan jasa industri untuk pengembangan program studi yang memiliki integrasi dengan industri. Jurusan Akuntansi-UT kedepannya juga berencana membuka Program Studi vokasi akuntansi yang bersertifikasi sesuai dengan bidang industri.

Sebagai langkah awal menuju akreditasi AACSB, Program Studi Akuntansi-UT bertekad mengembangkan kurikulum akuntansi berbasis Lean Accounting dan memperbanyak referensi buku-buku internasional sebagai dasar dalam penyusunan bahan ajarnya. Menurut Prof. Indra Bastian, Ph.D., M.B.A., CA., CMA: ”Program Studi Akuntansi sudah memiliki modal utama untuk merealisasikan program tersebut. Program Studi Akuntansi memiliki sumberdaya untuk mengembangkan kurikulum yang menonjolkan keunggulan di bidang vokasi akuntansi secara online berbasis Lean Accounting tersertifikasi sesuai tuntutan pasar tenaga kerja yang dapat merangkul semua pihak baik dari segi praktisi dan regulasi”.

Diharapkan upaya ini dapat meningkatkan peran UT sebagai Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) dalam memajukan pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, Program Studi Akuntansi-UT memohon dukungan dan doa seluruh Civitas akademika dan pihak-pihak terkait lagi untuk terwujudnya cita-cita mulia ini.

Gambar 3. Berfoto Bersama Para Narasumber

Comments are closed.