web akt3

Webinar Seri Ke-3 Jurusan Akuntansi: “Intelligent Automation and Analytics: Shaping the future of Accountancy”

Wabah COVID-19 dan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah menimbulkan kekhawatiran pada sistem pendidikan. Pendidikan jarak jauh, khususnya, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka telah ditantang untuk mengatasi masalah dan mengembangkan platform pembelajaran online serta pengalaman akademik digital untuk masyarakat yang lebih luas. Penting untuk terus menyebarkan pengetahuan lintas batas dan mengembangkan pendekatan belajar-mengajar dari kelas tatap muka ke kelas virtual dan dari seminar ke web seminar (webinar). Oleh karena itu mulai dari bulan Agustus 2020 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka secara rutin mengadakan webinar setiap bulan dengan berbagai tema yang bertujuan agar perguruan tinggi terbuka untuk semua.

Pada Webinar ke-3 ini dikemas dalam bentuk webinar internasional yang mengangkat tema “Intelligent Automation and Analytics: Shaping the future of Accountancy“. Jumlah peserta webinar internasional ini tidak kalah banyaknya dengan 2 webinar Nasional sebelumnya yaitu berjumlah 3.663 pendaftar. Jumlah penonton webinar ini melalui UT TV juga terus bertambah hampir 6.000 penonton dihari yang sama pada saat penyelenggaraan Webinar pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020. Webinar intenasional ini juga merupakan webinar perdana yang diadakan oleh Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka yang harapannya dapat semakin menyebarluaskan ilmu pengetahuan hingga ke penjuru dunia. Hal ini terbukti dari para peserta yang mendaftar berasal dari USA, Australia, Belanda, Mesir, Saudi Arabia, Laos, Hongkong, Bangkok, Singapura, Malaysia dan wilayah Indonesia dari seluruh penjuru Nusantara.

Kegiatan webinar ini dimulai lebih pagi dari 2 webinar sebelumnya yaitu mulai Pukul. 08.00 sampai dengan Pukul 11.00 WIB. Hal ini ternyata tidak menyurutkan semangat para pengisi acara, panitia dan para peserta webinar untuk berbagi ilmu pengetahuan dan menimba ilmu pengetahuan. Kegiatan webinar dimulai dengan pembacaan agenda kegiatan oleh Mundhi Hastuti, S.Akt, MM selaku Host yang merupakan alumni S1 Program Studi Akuntansi UT dan S2 MM UT yang saat ini berdomisili di Singapura. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Prof. Ali Muktiyanto, SE, M.Si, dan Direktur Eksekutif Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yaitu Ibu Elly Zarni Husin, CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA. Sebelum memasuki acara inti seluruh pemberi sambutan, host, narasumber dan moderator berfoto bersama secara virtual dengan Ketua Jurusan Akuntansi UT Bapak Dr. Hendrian, SE, M.Si dan Ketua Program Studi Akuntansi Keuangan Publik UT Ibu Noorina Hartati, SE, M.Sc.

Suasana pada inti acara menjadi terasa semakin berbobot atas pemaparan tiga orang narasumber kali ini yang merupakan dosen dari kampus-kampus ternama dan juga sekaligus praktisi pada perusahaan internasional yaitu Bapak Arif Perdana, Ph.D, C.A (Assistant Professor Singapore Institute of Technology), Tawei (David) Wang, Ph.D, CPA, CIA (Associate Professor DePaul University, Chicago Illinois, USA) dan Isnaeni Achdiat, CA, CIA, ASEAN CPA (Anggota DPN IAI, Dosen Universitas Indonesia dan senior partner EY, Indonesia) yang dipandu oleh Ibu Amalia Kusuma Wardhini, SE, M.Com, Ph.D yang merupakan Ketua Program Studi MM UT dan juga merupakan dosen Akuntansi-UT.

Melalui webinar ini ditegaskan kembali bahwa kemajuan teknologi tidak serta merta akan menggusur alumni Jurusan Akuntansi ataupun peran para akuntan dibidang Akuntansi, Dunia masih memerlukan peran para akuntan profesional dan tenaga-tenaga dibidang Akuntansi. Yang paling penting adalah bagaimana menjadikan diri menjadi lebih profesional setiap harinya, tangguh dan menjadi manusia seutuhnya untuk bekerja berdampingan dengan para robot (Robotic Process Automation) yang telah dibekali oleh kemampuan kecerdasan buatan (Analytic and Artificial Intelligence) dan Internet of Things. Selain itu tak lupa juga Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada IAI dan seluruh panitia yang telah mendukung kegiatan ini mulai dari Webinar pertama hingga sampai saat ini serta terima kasih kepada pihak-pihak yang juga turut mensukseskan kegiatan berbagi ilmu ini. Untuk informasi lebih jelasnya dapat diketahui melalui saluran UT TV: https://sl.ut.ac.id/Webinar-Akt3-FEUT-UTTV

Comments are closed.