Program Studi Pariwisata (S1)

VISI

Menjadi Program Studi Pariwisata Terbaik Melalui Sistem Terbuka dan Jarak Jauh.

MISI

Menghasilkan Lulusan yang Mempunyai Kemampuan dalam Mengelola Organisasi Bisnis Bidang Pariwisata.

TUJUAN

  • 1. Menyediakan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi pariwisata berkualitas.
  • 2. Mengembangkan sumber daya manusia pariwisata di daerah.
  • 3. Mengkaji dan mencari solusi berbagai persoalan pariwisata

Profil Lulusan
Profesionalisme yang mampu mengelola dan mengembangkan bidang usaha pariwisata yang peduli pada kelestarian budaya dan lingkungan dengan didukung kepribadian mandiri dan inovatif.

 

Kompetensi Kelulusan

  • Mampu mengaplikasikan keahlian bidang Pariwisata (meliputi pengelolaan perhotelan, perjalanan wisata, tour dan travel, ticketing, kapal pesiar, maskapai, bahkan event) dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang pariwisata dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pariwisata secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pariwisata secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi serta¬†bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Sasaran
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pariwisata yang berkualitas.
2. Menyediakan bahan ajar pariwisata berbasis teknologi Informasi dan komunikasi berkualitas.
3. Menyediakan sistem layanan kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi mulai dari registrasi hingga penyampaian nilai.
4. Membangun jaringan kerja sama dengan berbagai elemen dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi pariwisata.
5. Memiliki sumberdaya manusia bidang pariwisata dengan jenjang pendidikan S3 sebanyak 30%.
6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola atau bekerja pada sektor pariwisata.
7. Melakukan penelitian dan kajian bidang pariwisata.
8. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membangun masyarakat peduli pariwisata.

  • Keterampilan Umum :
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk karya tulis ilmiah atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.
  • Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme.
  • Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.
  • Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.
  • Penguasaan Pengetahuan :
  • 1. Menguasai konsep teoretis pariwisata secara mendalam, minimal meliputi: sistem pariwisata dan fenomena pariwisata; pembangunan pariwisata berkelanjutan; sumber daya, infrastruktur, dan daya tarik pariwisata; tipologi dan perilaku wisatawan; dan siklus hidup pariwisata.
  • 2. Menguasai konsep teoretis: antropologi budaya wisatawan; manajemen operasional (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) organisasi layanan jasa dan produk pariwisata; manajemen SDM, keuangan, organisasi layanan jasa dan produk pariwisata; dan manajemen pemasaran layanan jasa dan produk pariwisata
  • 3. Menguasai konsep dan prinsip kode etik global pariwisata (Global Code of Ethics for Tourism).
  • 4. Menguasai konsep dan metode: penetapan standar kualitas layanan produk dan jasa pariwisata; dan resiliensi diri pada lingkungan kerja untuk internal organisasi kepariwisataan dan dalam penanganan klien.
  • 5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik: pemasaran layanan jasa dan produk pariwisata; pedagogi budaya dan masyarakat; komunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional atau minimal satu bahasa asing lainnya; presentasi, negosiasi, dan teknik komunikasi dalam mengomunikasikan ide, kebijakan, alternatif solusi dan rekomendasi; analisis laporan dan rasio keuangan minimal tingkat pengembalian investasi (ROI), nilai bersih sekarang (NPV), nilai bersih yang akan datang (FV) dan tingkat pengembalian investasi (IRR); layanan prima.
  • 6. Menguasai pengetahuan faktual tentang indeks daya saing pariwisata.
  • 7. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep.
  • 8. Plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.

Keterampilan Khusus
1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan memberikan rekomendasi perbaikan efektivitas interaksi antar pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan industri) pada aspek kepariwisataan dalam satu destinasi skala tapak dan usaha skala kecil dan menengah, menggunakan metode analisis dampak, analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta analisis berbasis hirarki dan kinerja.
2. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berperan dalam efektivitas implementasi kebijakan kementerian yang membidangi kepariwisataan.
3. Mampu meningkatkan kinerja organisasi usaha-usaha bidang kepariwisataan pada skala kecil dan menengah, meliputi kemampuan bidang hospitality, pengembangan profesionalisme penyedia jasa pariwisata, promosi dan pemasaran dan manajemen keuangan.

  • Syarat Kelulusan :
  • 1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E)
  • 2. Lulus TAP dengan nilai minimal C.
  • 3. IPK minimal 2,00.

Deskripsi Matakuliah

Daftar Dosen