webinar akuntansi pr(1)

Webinar Nasional Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi – Universitas Terbuka

Sabtu, 8 Agustus 2020, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi telah menyelenggarakan web seminar (Webinar) nasional perdananya dengan tema: Tangkas Audit di Era Kebiasaan Baru: Konsep dan Aplikasi. Webinar ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Ali Muktiyanto, SE, M.Si dan Direktur Eksekutif IAI Ibu Elly Zarni Husin, CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA selaku sponsor kegiatan ini. Pada kegiatan ini juga diperkenalkan Program Studi Akuntansi Keuangan Publik yang merupakan S1 Program Studi Keuangan Publik (AKP) pertama di Indonesia oleh Ketua Program Studi AKP yaitu Ibu Noorina Hartati, SE, M.Sc kepada para peserta webinar yang berjumlah 4.282 orang yang berasal dari dalam nergeri dan luar negeri seperti Australia, Arab Saudi, Taiwan, Hongkong, Singapura, dan Malaysia.

Webinar ini telah disampaikan oleh dua orang Narumber yang luar biasa yaitu Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Ak., CA. yang merupakan seorang guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sangat mumpuni dibidang sektor publik dan Bapak Isnaeni Achdiat, CA, CIA, CISA, CGEIT, CISM yang merupakan senior partner Ernst & Young Indonesia dan anggota Dewan Pengurus Nasional IAI. Pemaparan materi ini dipandu oleh Ketua Jurusan Akuntansi Hendrian, SE, M.Si yang baru saja dilantik dan baru saja menyelesaikan studi doktornya di UGM.

Webinar ini cukup menyita perhatian publik karena tema dan narsumber yang luar biasa. Berdasarkan data Youtube UT TV kegiatan ini mencatat record tertinggi penayangan webinar sebanyak 15.000 kali pemutaran Youtube selama acara yang telah dimulai sejak Pukul 09.00-12.30 WIB. Webinar ini mengupas tuntas tentang konsep, trik dan tips untuk menjadi seorang auditor yang tangguh (agile) dalam menghadapi perubahan lingkungan yang dipenuhi oleh ketidakpastian baik di sektor publik maupun di sektor privat.

Antusiasme peserta webinar melahirkan ratusan keingintahuan mendalam dari peserta berupa pertanyaan-pertanyaan kritis pada saat webinar berlangsung. Untuk dapat mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan tersebut terpilihlah 10 penanya yang dianggap dapat mewakili pertanyaan ribuan peserta webinar. Ke-10 penanya ini memperoleh hadiah menarik dari IAI berupa gratis keanggotaan IAI, free PPL, dan produk-produk IAI.

Diakhir sesi, kedua narasumber berpesan terutama terhadap calon lulusan Jurusan Akuntansi untuk memahami kata “Accounting” secara lebih mendalam tidak hanya sekadar “Counting”, namun lebih dari itu harus mengarah ke arah kata Account-nya yang berarti akuntabilitas dan menjadi “Agile” dalam segala hal untuk menjawab tantangan ketidakpastian dunia kerja di masa depan. Karena sebenarnya hakikat dari definisi accounting adalah identifikasi, mengukur, dan mencatat. Untuk lebih jelasnya kegiatan webinar ini dapat disaksikan pada: https://sl.ut.ac.id/webinar-akuntansi-uttv.

Comments are closed.