wisuda 2019.1

Transformasi Bisnis Berkelanjutan di Era Digita: Tata Kelola Sektor Publik dan Privat.

Senin, tanggal 25 Juni 2019, Universitas Terbuka (UT) semakin memantapkan lulusannya untuk memasuki Revolusi Industri 4.0 dengan memberikan seminar akademik bertema “Transformasi Bisnis Berkelanjutan di Era Digita: Tata Kelola Sketor Publik dan Privat”. Kegiatan ini bertempat di gedung UTCC-UT pusat yang diikut oleh 774 orang lulusan dari UPBJJ-UT Palembang, Lampung, Bogor, Mataram, Pontianak, Pangkal Pinang, Palangkaraya, Samarinda, Banjarmasin, Majene, Gorontalo, Tarakan, dan  Layanan Luar negeri. Kegiatan Seminar Akademik kali ini di motori oleh Fakultas Ekonomi, dibawah koordinasi Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi).

Seminar Akademik UT dalam rangka Wisuda UT Periode II ini dibuka dengan temu wicara dengan Rektor UT dan Para Pembantu Rektor. Pada temu wicara ini Rektor memaparkan kembali terkait peran dan fungsi UT dalam mencerdaskan anak bangsa. Selain itu Rektor juga membuka kesempatan secara interaktif kepada para lulusan untuk menyampaikan pertanyaan maupun masukkan untuk UT. Sebagai bentuk apresiasi Rektor dan Jajaran pimpinan, UT pun memberikan cendramata UT kepada para lulusan yang telah berpartisipasi.

Walikota Singkawang Ibu Tjhai Chui Mie, S.E juga semakin menyemarakan kegiatan ini dengan memberikan orasi dukungan dan fasilitasi para ASN yang ada di Singkawang untuk melanjutkan pendidikan di UT. Jumlah ASN dan masyarakat Singkawang yang menjadi mahasiswa UT setiap tahunnya terus bertambah dan pada tahun 2019 ini sebanyak kurang lebih 143 orang Eselon ASN Singkawang siap untuk kuliah di UT.  Lebih lanjut Ibu Tjhai Chui Mie, SE menyatakan “Dengan ada UT, ASN dapat upgrade diri dan sangat membantu kemajuan Singkawang mewujudkan visi dan misi Singkawang HEBAT, salah satu capainya adalah dengan terpilihnya Singkawang sebagai kota paling toleran se-Indonesia”.

Sebagai salah satu mitra kerja UT, direktur utama BTN Bapak Maryono, SE, MM juga tak ketinggalan memberikan materi pembekalan kepada para lulusan UT: “Transformasi Binis di Era 4.0: Peran BTN dalam Mendukung Pembangunan di Era Digital”. Pada kesempatan ini BTN memperkenalkan produk terbarunya bernama “Link Aja” yang dapat semakin mempermudah transaksi keuangan. Bapak Maryono, SE, MM juga memberikan pesan kepada lulusan UT, bahwa  lulusan UT tidak boleh kalah dengan lulusan Universitas lain. Karena sudah belajar dengan menggunakan teknologi. Oleh karena itu lulusan UT juga harus menciptakan teknologi baru. Selain itu, BTN juga memanjakan para peserta dengan berbagai hadiah menarik berupa tabungan BTN senilai RP 500.000,- dan sepeda kepada 10 orang peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari Rektor UT, direktur utama BTN dan jajaran pimpinan BTN. Serta sebagai wujud dukungan BTN dalam dunia pendidikan dan inovasi, BTN memberikan beasiswa CSR senilai Rp. 960.000.000,- kepada mahasiswa UT.

Akhirnya seminar akademik ditutup dengan penguatan dari  Prof. Dr. H Suwatno, M.Si (Kaprodi Pendidikan Ekonomi sekolah Pascasarjana UPI) yang secara berani menyampaikan pemaparan materi ”Transform or Die”. Pada pemaparannya Prof. Dr. H Suwatno, M.Si menyatakan bahwa lulusan UT harus open mind, tidak berputus asa dan terus belajar dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 jika ingin sukses.

Sebagai bentuk keberlanjutan silahturahmi lulusan UT dengan UT, Ikatan Alumni UT (IKA-UT) melalui Bapak Leles Hermanto mengajak para calon wisudawan UT Periode II berpartisipasi sebagai anggota IKA-UT yang berperan aktif dalam mewujudkan visi dan misi UT serta membantu adik kelasnya yang membutuhkan biaya pendidikan melalui program beasiswa IKA-UT.

Tak lupa juga untuk tetap menjaga kekinian lulusan UT, UT kembali mensosialisasikan pentingnya “Guru Pintar Online (GPO). Melalui GPO ini lulusan UT diharapkan tetap ter-update ilmu dan pengetahuannya. Karena GPO ini sangat mudah diakses melalui perangkat elektronik, kapan saja dan dimana saja.

Sudah wisuda-lanjut berkarya!

Comments are closed.