AKP 005

Tinjau Kembali Kurikulum, FE UT Undang Para Pakar

Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka (FE-UT) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) terkait pemutakhiran kurikulum Program Studi S-1 Akuntansi Keuangan Publik 2020 (Prodi S1 AKP-UT) di era Revolusi Industri 4.0 dan menyambut masyarakat 5.0. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi, Kamis (07/02/2019), dengan narasumber: Noorina Hartati, M.Sc (Ketua Prodi S1 AKP-UT), Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Akt. (Pakar Akuntansi Publik dan Keuangan Daerah/UGM), Prof. Dr. Indra Bastian, M.B.A., CMA. (Pakar Akuntansi Publik/UGM), Rahmadi, Ph.D. (Direktur STAN), Moh. Mahsun, SE, M.Si., Ak., CA, CPA, PhD. Cand. (Direktur APSAE), dan Dr. Harnovinsah, Ak, CA (Ketua FDAP). Selain itu, acara FGD dihadiri oleh seluruh dosen Jurusan Akuntansi-UT, pengurus APSAE, Sekjen FDAP, utusan sekaligus pengelola BPKP-STAR, dan perwakilan BPK-RI.

Dalam sambutannya, Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si., selaku Dekan FE dan moderator pada pertemuan ini, menyampaikan bahwa kurikulum dan bahan ajar Prodi S1 AKP-UT perlu terus dikembangkan dan disesuaikan dengan perubahan lingkungan, agar Prodi S1 AKP-UT dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan jaman. Selain itu kegiatan FGD re-analisis kurikulum Prodi S1 AKP-UT kali juga merupakan upaya Fakultas Ekonomi-UT untuk mengukuhkan dirinya sebagai pioner Prodi S1 AKP di Indonesia.

Para pakar mengapresiasi UT, atas keseriusannya mengembangkan Akuntansi Publik. Mereka juga mendukung draf Kurikulum Prodi S1 AKP-UT 2020 yang memadukan pendekatan siklus dan sektor Akuntansi Publik. Peserta FGD bersepakat perlunya menambahkan mata kuliah etika dan anti korupsi pada Kurikulum Prodi S1 AKP-UT, serta adanya peminatan sesuai kebutuhan organisasi publik (pemerintah daerah, pemerintah pusat, pendidikan, dan sebagainya). Hasil FGD ini, selanjutnya akan diramu kembali oleh Prodi S1 AKP-UT menjadi Kurikulum Prodi S1 AKP-UT 2020. Kurikulum ini, akan menjadi benchmarking bagi universitas lain pada kegiatan Workshop Kurikulum Akuntansi Publik Untuk Menghadapi Era Industri 4.0 yang diselenggarakan oleh IAI, APSAE dan Universitas Brawijaya di Malang pada tanggal 16 Februari 2019 yang akan datang.

Tags: No tags

Comments are closed.